Info Terbaru

NAIK SUROBOYO BUS, BELAJAR NAIK TRANSPORTASI UMUM DAN MEMILAH SAMPAH SEJAK DINI

Hari ini Rabu 4 September 2019, pelajar Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya berkesempatan untuk belajar naik transportasi umum yaitu Suroboyo Bus. Sekitar 70  murid naik dari Terminal Purabaya dengan terlebih dahulu menukar sampah botol plastik untuk mendapatkan tiket naik Suroboyo Bus. Tampak antusias yang sangat besar dari para pelajar saat mencoba naik Suroboyo Bus. Ini merupakan kegiatan luar kelas (outdoor)  sebagai pembelajaran kepada para siswa siswi mengenal berbagai jenis transportasi umum.


Tujuannya, untuk melatih murid menaati peraturan di tempat umum dan melatih keberaniah siswa untuk menggunakan fasilitas umum, seperti di Terminal Purabaya ini. Selama perjalanan para siswa siswi belajar banyak hal mengenai halte, bus stop, rambu rambu lalu lintas dan diajak mengenal lebih dekat ikon ikon Kota Surabaya.  Pembayaran bus menggunakan sampah botol plastik juga sudah difahami dengan baik oleh para siswa siswi. Dengan demikian mampu memotivasi mereka untuk ikut serta memilah sampah dimulai dari lingkungan mereka sendiri.


Ada banyak manfaat bagi anak untuk belajar naik transportasi umum sejak kecil. Apalagi di Surabaya sudah ada transportasi umum yang memadai yaitu Suroboyo Bus. Manfaatnya yaitu melatih kesabaran saat menunggu datangnya bus di halte. Anak juga akan belajar berinteraksi dengan orang lain saat berada di dalam bus. Caranya, berikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan crew/helper bus saat penukaran tiket bus agar tumbuh keberanian dan percaya diri. Yang paling penting adalah mengajarkan anak tentang keamanan, ingat ya selalu bimbing anak saat pertama kali naik transportasi umum.


Selain Suroboyo Bus, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya juga sudah memfasilitasi para pelajar dengan adanya Bus Sekolah, Diharapkan para pelajar Surabaya bisa memanfaatkan fasilitas gratis ini untuk berangkat dan pulang sekolah. Ini sebagai upaya untuk mendukung program #SAVEOURSTUDENT, sebelum cukup umur tidak boleh mengendarai kendaraan.
 

Aplikasi Mobile