Info Terbaru

MULAI 17 AGUSTUS 2019, RUTE BARU SUROBOYO BUS WILAYAH GUNUNG ANYAR MERR SUDAH BISA DINIKMATI

Dinas Perhubungan Kota Surabaya merilis rute baru Suroboyo Bus yang melayani wilayah Gunung Anyar-MERR, Sabtu (17/8/2019). Sepanjang rute baru ini, terdapat 35 bus stop sekaligus halte. Kepala Dishub, Irvan Wahyudrajad mengatakan, kehadiran rute baru di Gunung Anyar-MERR ini merupakan tanggapan Dishub atas banyaknya permintaan dari masyarakat. "Ini kan banyak permintaan dari masyarakat untuk wilayah MERR. Ini saja tadi sudah ada banyak warga Gunung Anyar yang naik. Kemudian sekolah juga seperti SMP 19 Surabaya sama St. Louis, semua ingin mencoba," ujar Irvan di Park and Ride Arief Rahman Hakim.

Untuk sementara, Dishub baru menyediakan empat unit bus. Idealnya, menurut Irvan, setidaknya Gunung Anyar-MERR memerlukan 20 unit bus. "Sementara baru empat, sambil secara bertahap kami mengenalkan pada masyarakat. Idealnya sih 20 unit, tapi ya nanti bertahap," ucapnya. Suroboyo Bus merupakan solusi angkutan alternatif bila nanti MERR 2c yang di mulai dari perempatan Jalan Arief Rahman Hakim sampai Jembatan/Tol Tambak Sumur sudah selesai. Irvan menyebut, informasi dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, MERR 2c akan dibuka pada Oktober nanti.

"Ini juga sebagai antisipasi kalau Gunung Anyar dibuka dari arah Sidoarjo, kami antisipasi dengan moda transportasi alternatif. MERR 2c rencana Oktober dibuka, informasi dari PU terakhir begitu. Jadi nanti ketika dibuka, kita sudah siap," jelasnya. Gunung Anyar-MERR sendiri merupakan wilayah yang cukup sibuk dengan volume kendaraan yang tinggi karena banyaknya sekolah, rumah sakit, apartemen, pasar, sampai mal. Ia pun menyarankan masyarakat untuk mulai menggunakan Suroboyo Bus maupun angkutan umum lainnya, karena peralihan dari kendaraan pribadi menuju umum memiliki banyak dampak positif.

Mulai dari pengurangan kemacetan, mengurangi polusi, hemat bahan bakar, hingga soal keselamatan anak sekolah. "Kita harapkan anak-anak sekolah yang belum cukup usia memiliki SIM untuk memanfaatkan Suroboyo Bus, utamanya untuk keselamatan mereka," imbuhnya.

Aplikasi Mobile