Info Terbaru

PEMERINTAH INDONESIA - JEPANG SEPAKAT TANDATANGANI PROYEK KERETA SEMI CEPAT JAKARTA - SURABAYA

Kemarin (24/09) Menhub Budi Karya S bersama Menteri PUPR Basuki Hadjimulyono menyaksikan penandatanganan antara Pemerintah Indonesia - Jepang tentang Summary Record On The Java North Line Upgrading Project, Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api (KA) Jakarta - Surabaya (Kereta Semi Cepat). Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Minister of Economic Affairs Embassy of Japan Tadayuki Miyashita dan Dirjen Perkeretaapian Zulfikri.

Turut menyaksikan penandatanganan tersebut Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishi dan Direktur Jembatan Bina Marga Iwan Jarkasih. Kemenhub mengharapkan Pemerintah Jepang dalam hal ini Tim Konsultan JICA dapat mengkaji potensi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau local content. Sehingga dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama alih pengetahuan dan pemberdayaan industri kereta api dalam negeri dengan bantuan industri kereta api dari Jepang.

Menhub Budi Karya S mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Jepang yang sejak Tahun 2017 sudah sangat berperan aktif dalam proyek ini. Melalui proyek ini, diharapkan semakin meningkatkan pelayanan KA.

Beberapa manfaat dari dibangunnya proyek ini yaitu : mempercepat waktu tempuh perjalanan Ka Jakarta – Surabaya menjadi sekitar 5 Jam 30 Menit dengan kecepatan 160 Km/Jam, meningkatkan keselamatan karena tidak ada lagi perlintasan sebidang, dan diharapkan dapat memberdayakan Industri dalam negeri melalui optimalisasi konten lokal dalam pembangunan proyek.

Aplikasi Mobile