Info Terbaru

Lestarikan Warisan Leluhur Bangsa, Pemkot Surabaya Gelar SCCIFAF 2019

 

Festival Seni Lintas Budaya kembali digelar untuk tahun 2019 ini. Perhelatan ke-15 festival ini mengusung tema Surabaya Cross Culture International Folk Art  Festival (SCCIFAF) 2019. SCCIFAF 2019 tetap mengusung konsep dengan menampilkan karya seni tari nan indah dan budaya yang adiluhung sebagai warisan leluhur bangsa berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta tampilan ekspresi seni tari dari mancanegara.

SCCIFAF 2019 diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya dengan melibatkan 13 Negara dan 5 Daerah di Indonesia meliputi Jepang, India, Polandia, Ceko, Timor Leste, Bulgaria, Uzbekistan, Russia, Mexico, Thailand, Italy, Busan – Korea (Sister City), Guangzhou – China (Sister City), Kabupaten Banggai – Sulawesi Tengah, Kota Pangkalpinang – Bangka Belitung, Kota Solok – Sumatera Barat, Provinsi Jawa Barat dan Mengwi - Provinsi Bali.

SCCIFAF 2019 rencananya digelar mulai 21 Juli 2019 hingga 25 Juli 2019. SCCIFAF 2019 akan diikuti sebanyak 359 orang, yang terdiri dari 248 Peserta dari Luar Negeri dan, 94 Peserta dari dalam negeri. Selama lima hari delegasi akan mengikuti berbagai acara yang dirancang semenarik mungkin seperti Pembukaan dan Parade Peserta Festival Seni Lintas Budaya, Welcome Dinner, Workshop Seni, Pertunjukan Seni, Visit Culture dan Farewell Party. Rangkaian SCCIFAF 2019 diawali dengan Gebyar Remo dan Festival Yosakoi yang menjadi bagian dari kegiatan Mlaku-Mlaku nang Tunjungan pada Sabtu (20/7). 

Tri Rismaharini Walikota Surabaya akan menyambut kedatangan peserta dan membuka secara resmi Parade Peserta Festival Seni Lintas Budaya 2019. Seluruh peserta mengikuti Parade dari Siola Jl. Tunjungan dengan melakukan atraksi kesenian secara bergantian serta memperkenalkan dan mempromosikan budaya dari masing-masing perwakilan baik dalam dan luar negeri. Setelah semua tampil, peserta melanjutkan Parade dengan naik becak hias dari Pertigaan Jl. Genteng Besar menuju Rumah Dinas Walikota Surabaya untuk mengikuti kegiatan Jumpa Pers dan makan siang bersama.

Workshop Festival menjadi salah satu bagian menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Workshop kesenian memberi ruang untuk mengekspresikan sekaligus mengapresiasi seni budaya nusantara dan mancanegara yang dikemas dalam bentuk pengenalan cara melakukan gerak tari. Peserta diberikan kesempatan untuk mengenalkan keseniannya kepada masyarakat. Masyarakat umum juga dapat berpartisipasi dalam workshop tersebut secara gratis.

Delegasi SCCIFAF 2019 nantinya diajak untuk visit culture dengan mengunjungi destinasi Wisata Sejarah yaitu di Tugu Pahlawan, House of Sampoerna, dan Museum Bank Indonesia. Delegasi juga akan melakukan kunjungan di Taman Harmoni dan Sentra UKM. Delegasi SCCIFAF 2019 diajak untuk mencintai lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di UPTD THP Kenjeran.

Aplikasi Mobile