Info Terbaru

LARANGAN MEROKOK SAAT BERKENDARA

Pengendara dilarang melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu konsentrasi bagi pengendara lain, salah satu contohnya merokok pada saat mengemudi, asap rokok dapat menyebabkan pengendara lain hilang fokus saat berkendara di jalan salah satu contohnya jika "abu" rokok bertebaran di jalan raya dapat merugikan jika terkena organ tubuh pengendara lain seperti mata, Demi menjaga keselamatan dan keamanan di jalan, Dinas Perhubungan Kota Surabaya melakukan sosialisasi Larangan Merokok.
Selain itu, dilakukan juga sosialisasi larangan bermain gadget saat berkendara.
Sosialisi ini dilakukan di Sekitaran Wismilak Surabaya. Maka dari itu merokok sambil mengemudi itu sudah termasuk sudah melanggar pasal 283 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal 283 berbunyi:

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Diharapkan dengan adanya larangan ini, pengendara bisa lebih tertib.

Aplikasi Mobile